SMK-Negeri -1-Semarang-mewisuda-520-Siswa

SMK Negeri 1 Semarang menggelar Wisuda Purnawiyata Tahun Pelajaran 2017/2018 di gedung Unnes Training Center (UTC) Convention Hotel Jalan Kelud Raya Semarang, Sabtu (12/5). Tahun ini, SMK N 1 Semarang mewisuda sebanyak 520 siswa/siswi Kelas XII dengan tingkat kelulusan 100%. Sebanyak 520 lulusan tersebut terdiri atas 69 siswa kompetensi keahlian Teknik Instalasi dan Pemanfaatan Tenaga Listrik (TITL), 26 siswa Teknik Otomasi Industri (TOI), 34 siswa Teknik Penyiaran Televisi (TPTV), 34 siswa Teknik Penyiaran Radio (TP3R), 96 siswa Teknik Permesinan (TP), 127 siswa Teknik Kendaraan Ringan (TKR), 35 siswa Teknik Alat Berat (TAB), 68 siswa Teknik Audio Video (TAV) dan 31 siswa Teknik Elektronika Industri (TEI).

Wisuda yang mengusung tema The Golden Generation of 2045 ini dibuka dengan masuknya para wisudawan menuju gedung dengan didampingi wali kelas masing-masing. Setelah para wisudawan menempatkan diri di kursi yang sudah disediakan, iring-iringan kepala sekolah, komite sekolah, tamu undangan, dewan guru dan karyawan SMK N 1 Semarang menyusul memasuki ruangan wisuda. Pagelaran tari gambyong persembahan ektrakurikuler tari menyambut para hadirin yang sudah menempatkan diri.

Setelah acara dibuka dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, ketua panitia menyampaikan laporan dilanjutkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang membacakan Surat Keputusan Kelulusan beserta daftar lulusan terbaik, baik lulusan terbaik sekolah maupun lulusan masing-masing kompetensi keahlian. Para lulusan terbaik tersebut mendapat giliran pertama untuk diwisuda oleh kepala sekolah. Setelah prosesi wisuda usai, para wisudawan membaca teks janji alumni dilanjutkan menyanyikan beberapa lagu wajib nasional. Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari wisudawan yang diwakili oleh Ketua OSIS periode 2016/2017, Dinda Amanda Charity kelas XII TPTV. Dalam kesan dan pesannya, Dinda menyampaikan rasa syukur atas kelulusan yang telah dicapai oleh para wisudawan, serta mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang telah membekali ilmu kepada para lulusan. Dinda menutup penyampaiannya dengan memohon doa kepada seluruh warga sekolah agar wisudawan tahun ini dapat berhasil dan mampu membawa nama baik SMK N 1 Semarang dengan baik di masa depan.

Kepala Sekolah SMK N 1 Semarang Drs. Diyana, M.T. dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas prestasi yang telah diraih. Beliau juga menuturkan bahwa para wisudawan, telah mendapat bekal teori serta akhlak yang diajarkan cukup baik dari sekolah. Beliau menyebut bahwa selama ini lulusan SMK N I Semarang yang berprestasi telah banyak diterima bekerja di berbagai perusahaan, sebagian lain juga sudah diterima perguruan tinggi negeri, swasta maupun akademi.

Menurut beliau, para wisudawan SMK N 1 Semarang ini masih harus berjuang lagi setelah dinyatakan lulus, tidak hanya sampai pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Namun masih harus terus menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi pada perguruan tinggi yang mereka inginkan.
Beliau juga berpesan kepara para wisudawan agar tetap menjunjung tinggi almamater SMK N 1 Semarang dan terus dapat berupaya meningkatkan prestasi yang lebih baik, hingga ke depan dapat menjadi orang yang dibanggakan orang tua dan berguna bagi bangsa dan negara.
Kepada para orang tua/wali siswa , pihak sekolah juga menguncapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan selama tiga tahun untuk membimbing belajar putra-putrinya hingga mereka lulus. Pihak sekolah juga memohon maaf apabila ada kekurangan dalam pelayanan bimbingan belajar selama ini.

Kepala sekolah juga berpesan kepada para orang tua/wali siswa agar tetap mengawal dan menjaga putra-putrinya, karena setelah meninggalkan sekolah mereka masih harus bejuang dalam dunia kerja ataupun berjuang dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Beliau berharap para wisudawan tetap mendapatkan dukungan untuk mewujudkan kesuksesan di dunia kerja maupun di dunia kampus.

Dalam acara wisuda tersebut, selain dihibur dengan penampilan tari dari adik kelas, perwakilan wisudawan, Alfina Hidayatust Sannia (XII TPTV) dan Krisna Yuliyanto (XII TP) juga mempersembahkan sebuah lagu “Aku Jadi Pintar” untuk bapak/ibu guru hingga suasana menjadi haru.
Rangkaian acara Wisuda Purnawiyata akhirnya ditutup dengan pembacaan doa serta berfoto bersama masing-masing kelas disertai wali kelas di atas panggung secara bergantian.

Leave a Comment